kegunaan baking soda

Kebanyakan dari kita tahu bahwa baking soda dapat digunakan lebih dari sekedar membuat kue buatan rumah dan adonan mengembang lainnya. Tetapi tahukah anda bahwa ada sedikitnya 40 cara yang berbeda dalam menggunakan baking soda?

 

Baking soda merupakan pengganti yang sempurna untuk banyak perawatan pribadi, pembersih dan produk-produk penghilang bau. Daftar keuntungannya panjang : tidak mahal, bebas racun bahan kimia, serba guna dan efektif.

 

Ingin tahu bagaimana baking soda aka sodium bicarbonat bekerja dengan keajaibannya? Baking soda membantu mengatur pH – menjaga zat agar tidak terlalu asam ataupun basa. Jika baking soda bersinggungan dengan bahan yang asam ataupun basa, efek alaminya akan menetralisirkan pH tersebut. Selain itu, baking soda memiliki kemampuan untuk memperlambat perubahan yang lebih lanjut dalam keseimbangan pH, yang dikenal sebagai buffering.

 

Kedua kemampuan dalam menetralisir dan mem-buffering membuat baking soda bisa melakukan banyak hal seperti menetralisir bau asam (seperti di kulkas) juga mempertahankan pH netral (seperti dalam air cucian anda, yang membantu meningkatkan kekuatan deterjen anda). Ini adalah reaksi sederhana, tetapi memiliki efek yang sangat besar untuk sejumlah tugas pembersihan dan penghilang bau.

 

Dan berikut beberapa dari banyak cara kreatif yang bisa anda lakukan dengan baking soda

 

Perawatan diri

1. Membuat pasta gigi
Sebuah pasta yang dibuat dari baking soda dan 3% cairan hidrogen peroksida dapat digunakan sebagai alternatif untuk pasta gigi non-fluoride di pasaran. (atau sebuah resep untuk versi minty). Anda juga bisa hanya mencelupkan sikat gigi anda dengan pasta gigi ke dalam baking soda untuk mendapatkan tambahan manfaat.

 

2. Menyegarkan mulut anda
Masukkan 1 sendok teh baking soda dalam setengah gelas air, kumur, keluarkan dan bilas. Bau pada mulut dinetralisirkan, bukan hanya ditutupi.

 

3. Merendam peralatan untuk mulut
Rendam peralatan untuk mulut (seperti retainer/alat untuk stabilisasi gigi setelah selesai perawatan kawat gigi, pelindung mulut, gigi palsu) dalam cairan yang berisi 2 sendok teh baking soda yang dilarutkan dalam segelas atau semangkuk kecil air hangat. Baking soda menghilangkan partikel makanan dan menetralisir bau-bauan untuk menjaga agar alat-alat tersebut tetap segar. Anda juga dapat menyikat untuk membersihkan alat-alat ini dengan baking soda.

 

4. Digunakan untuk menggosok wajah dan tubuh
Berikan diri anda sendiri kesegaran menggosok wajah dan tubuh. Buatlah pasta dari 3 bagian baking soda dalam 1 bagian air. Gosoklah dengan gerakan memutar yang lembut untuk mengelupas kulit. Bilas bersih. Cukup lembut untuk penggunaan sehari-hari.

 

5. Lewatkan penghilang bau yang keras
Tepuk-tepuk baking soda ke dalam ketiak anda untuk menetralisir bau badan

 

6. Gunakan sebagai zat anti asam
Baking soda adalah zat anti asam yang aman dan efektif dalam meredakan rasa panas pada perut, asam lambung dan/atau gangguan pencernaan asam. Rujuklah pada kemasan baking soda untuk instruksinya.

 

7. Mengobati gigitan serangga dan kulit gatal.
Untuk gigitan serangga, buatlah pasta dari baking soda dan air, dan oleskan untuk meredakan kulit yang terkena gigitan serangga. Untuk meredakan rasa gatal, kocok sedikit baking soda dalam tangan anda dan gosokkan pada kulit yang lembab sehabis mandi.

 

8. Membuat pembersih tangan dan pelembut
Abaikan sabun-sabun yang keras dan dengan lembut gosokkan kotoran-kotoran tanah dan netralisirkan bau-bauan pada tangan dengan pasta dari 3 bagian baking soda dengan 1 bagian air atau 3 bagian baking soda dengan sabun tangan cair yang lembut. Kemudian bilas bersih.

 

9. Membantu rambut anda
Cuka luar biasa bagi rambut anda, demikian juga baking soda. Taburkan sedikit baking soda di telapak tangan anda bersama dengan sampo kesukaan anda. Bersihkan rambut anda seperti biasanya dan kemudian bilaslah menyeluruh – baking soda membantu menghilangkan sisa-sisa dari produk penataan rambut yang tertinggal sehingga rambut anda menjadi lebih bersih dan lebih mudah diatur.

 

10. Membersihkan sikat dan sisir
Agar rambut berkilau lebih lama, jagalah sikat rambut dan sisir anda tetap bersih. Hilangkan penumpukan minyak rambut alami dan sisa-sisa produk rambut dengan merendam sisir dan sikat rambut ke dalam cairan 1 sendok teh baking soda dengan sebaskom kecil air hangat. Cuci dan biarkan kering.

 

11. Membuat rendaman air mandi
Tambahkan 1/2 cangkir baking soda dalam bak mandi anda untuk menetralisir asam-asam pada kulit dan membantu menghilangkan minyak dan keringat. Baking soda juga membuat kulit anda terasa sangat lembut. Atau cukup fokuskan untuk melembutkan kaki anda. Larutkan 3 sendok makan baking soda dalam bak yang berisi air hangat dan rendamkan kaki anda. Gosok dengan lembut.

 

Pembersih

12. Membuat penggosok permukaan yang lembut
Agar aman, pembersihan yang efektif atas bak mandi, ubin dan wastafel atau jamban – baik yang fiberglass dan ubin yang mengkilap – taburkan sedikit baking soda pada spons basah yang bersih dan gosok seperti biasa. Bilas seluruhnya dan keringkan. Untuk tambahan daya pembersihan, buatlah pasta dari baking soda, garam kasar, dan sabun piring cair – diamkan dan gosok.

 

13. Pembersih tangan, piring dan panci dan wajan
Tambahkan 2 tumpuk sendok teh baking soda (bersamaan dengan deterjen pencuci biasa anda) pada air cucian untuk membantu mengurangi lemak dan makanan yang tertinggal pada piring, panci dan wajan. Jika baru selesai memasak, biarkan panci atau wajan direndam dalam baking soda dan deterjen dengan air terlebih dahulu, kemudian gunakan baking soda kering pada spons basah yang bersih atau kain sebagai bubuk gosok yang sedikit meninggalkan guratan.

 

14. Menyegarkan spons
Rendamlah spons-spons yang berbau basi ke dalam cairan baking soda yang kuat untuk menghilangkan kotoran (4 sendok makan baking soda dilarutkan dalam seperempat air hangat). Untuk membasmi kuman yang lebih menyeluruh, gunakan microwave.

 

15. Membersihkan microwave
Baking soda pada spons lembab yang bersih membersihkan dengan lembut bagian dalam dan luar microwave dan tidak pernah meninggalkan bau kimia yang keras. Cuci bersih dengan air.

 

16. Memoles peralatan makan perak.
Gunakan pasta baking soda yang terbuat dari dari 3 bagian baking soda dalam 1 bagian air. Gosoklah peralatan perak tersebut dengan kain atau spons yang bersih. Bilas seluruhnya dan keringkan untuk mendapatkan peralatan makan perak yang bersinar murni.

 

17. Membersihkan teko kopi dan teh
Hilangkan noda-noda kopi dan teh serta rasa pahit dengan membersihkan cangkir-cangkir dan pembuat kopi dalam cairan 1/4 baking soda dengan seperempat air hangat. Untuk noda-noda yang membandel, cobalah direndam semalaman dalam cairan baking soda dan deterjen atau gosoklah noda-noda tersebut dengan baking soda pada spons lembab yang bersih.

 

18. Membersihkan oven
Tabur baking soda pada bagian bawah oven. Semprot dengan air untuk melembabkan baking soda. Biarkan semalaman. Di pagi harinya, gosoklah dan serok keluar baking soda dan kotoran dengan spons, atau dengan vacuum dan bilas.

 

19. Membersihkan lantai
Hilangkan kotoran-kotoran (tanpa goresan yang tak diinginkan) dari lantai-lantai yang tak dilapisi lilin dan lantai ubin dengan menggunakan 1/2 cangkir baking soda dalam sebaskom air hangat – seka dan cuci bersih untuk mendapatkan lantai yang bersinar. Untuk bekas-bekas lecet, gunakan baking soda pada spons lembab yang bersih, lalu bilas.

 

20. Membersihkan perabotan
Hilangkan dan bersihkan bekas-bekas (bahkan krayon) dari dinding dan perabotan yang dicat dengan menggunakan baking soda dengan spons lembab dan gosoklah dengan ringan. Lap bersih dengan kain kering.

 

21. Membersihkan tirai kamar mandi
Bersihkan dan hilangkan bau tirai kamar mandi vinil anda dengan menaburkan baking soda langsung pada spons lembab bersih atau sikat. Gosok tirai kamar mandi dan bilas bersih. Gantungkan dan keringkan.

 

22. Tambahkan deterjen cair cucian anda
Berikan cucian anda dorongan dengan menambahkan 1/2 cangkir baking soda pada cucian pakaian anda untuk membuat deterjen cair anda bekerja dengan lebih kuat. Keseimbangan pH yang lebih baik pada cucian membuat pakaian menjadi lebih bersih, segar dan cerah. Atau anda dapat menambahkan 1/2 cangkir baking soda untuk air bilasan untuk seprai dan handuk yang lebih segar atau untuk menetralisir pakaian-pakaian olahraga dan pakaian-pakaian yang bau.

 

23. Membersihkan dan menyegarkan peralatan olahraga
Gunakan cairan baking soda (4 sendok makan baking soda dalam seperempat air hangat) untuk membersihkan dan menghilangkan bau-bau pada peralatan olahraga. Taburkan baking soda dalam tas-tas golf dan tas-tas olahraga untuk menghilangkan bau dan membersihkan tongkat-tongkat golf (tanpa membuat lecet) dengan pasta baking soda (3 bagian baking soda dalam 1 bagian air) dan sebuah sikat. Cuci semuanya.

 

24. Menghilangkan noda minyak dan lemak
Gunakan baking soda untuk membersihkan noda minyak dan lemak yang tumpah pada lantai garasi anda atau pada jalan masuk mobil anda. Taburkan baking soda pada noda dan sikat dengan sikat basah.

 

25. Membersihkan baterai
Baking soda dapat digunakan untuk menetralisirkan korosi asam baterai pada mobil-mobil, mesin pemotong rumput, dan lain-lain karena baking soda adalah alkali ringan. Pastikan untuk mematikan hubungan baterai sebelum membersihkan. Buatlah pasta dari 3 bagian baking soda dengan 1 bagian air dan gunakan dengan kain basah untuk menggosok korosi dari kontak baterai. Setelah dibersihkan dan dihubungkan kembali ke kontak, seka kontak-kontak tersebut dengan petroleum jelly untuk mencegah korosi di kemudian hari. Tetapi berhati-hatilah saat bekerja di sekitar baterai – mereka mengandung asam yang kuat

 

26. Membersihkan mobil
Gunakan baking soda untuk membersihkan lampu, krom, jendela, ban, tempat duduk vinil dan karpet lantai mobil anda tanpa kuatir akan guratan yang tak diinginkan. Gunakan cairan baking soda dari 1/4 cangkir baking soda dalam seperempat air hangat. gunakan dengan spons atau kain lembut untuk menghilangkan kotoran-kotoran jalanan, getah pohon, serangga dan aspal. Untuk kotoran yang membandel, gunakan baking soda yang ditaburkan pada spons basah atau sikat halus. Hilangkan bau-bauan dengan menaburkan baking soda langsung pada kain tempat duduk dan karpet mobil. Tunggu 15 menit (atau lebih lama untuk bau-bau yang lebih kuat) dan sedot bersih baking sodanya dengan mesin penyedot.

 

Menghilangkan bau

27. Menghilangkan bau pada kulkas anda
Letakkan baking soda pada kotak terbuka di belakang kulkas untuk menetralisir bau-bauan.

 

28. Menghilangkan bau pada tempat sampah dan daur ulang
Taburkan baking soda pada bagian bawah tempat sampah untuk menghilangkan bau-bau sampah. Bersihkan wadah daur ulang anda secara teratur dengan menaburkan baking soda pada spons basah. Seka bersih dan bilas. Juga, taburkan baking soda pada bagian atas saat anda menambahkan sampah daur ulang pada tong sampah.

 

29. Menghilangkan bau pada saluran air dan pembuangan sampah
Untuk menghilangkan bau-bauan pada saluran air bak cuci dan bak mandi dan pembuangan sampah dan menjaga agar bau-bau yang tertinggal tidak tertempel lagi, tuangkan 1/2 cangkir baking soda ke dalam saluran sambil menyalakan air keran hangat — ini akan menetralisirkan asam dan bau-bauan agar saluran menjadi berbau segar. (Ini merupakan jalan yang baik untuk membuang baking soda yang telah dipensiunkan dari kulkas anda).

 

30. Menghilangkan bau dan membersihkan mesin pencuci piring
Gunakan baking soda untuk menghilangkan bau sebelum anda menjalankan mesin pencuci piring dan kemudian sebagai pembersih yang lembut dalam siklus mencuci

 

31. Menghilangkan bau pada kotak makan siang.
Saat penggunaan, tempatkan kotak anti tumpah yang berisikan baking soda pada kotak makan siang setiap orang untuk menyerap bau-bau yang tinggal.

 

32. Menghilangkan bau dari karpet
Taburkan baking soda sebanyak-banyaknya pada karpet. Biarkan semalaman atau selama mungkin (semakin lama semakin baik). Sapu bersih sejumlah besar baking soda ini, dan sedot dengan penyedot untuk sisa-sisanya. (Catat bahwa kantung penyedot anda akan penuh dan berat). Bonus tambahan: Anda juga menghilangkan bau mesin penyedot anda.

 

33. Menyegarkan lemari pakaian
Tempatkan sekotak baking soda pada rak untuk menjaga lemari pakaian tetap tercium segar

 

34. Menghilangkan bau pada barang-barang hewan peliharaan
Tutupi bagian bawah kotak kucing anda dengan baking soda, kemudian isi dengan alas seperti biasa. Agar tetap segar saat pergantian, taburkan baking soda di atas alas setelah membersihkan seluruhnya. Hilangkan bau dari tempat untuk tidur hewan peliharaan anda dengan menaburkan banyak-banyak baking soda, tunggu 15 menit (atau lebih lama untuk bau yang lebih kuat), kemudian sedot dengan mesin penyedot.

 

35. Menghilangkan bau pada sepatu kets.
Jaga agar sepatu kets tidak bau dengan mengocok baking soda dalam sepatu saat tidak digunakan. Keluarkan sebelum digunakan.

 

36. Menyegarkan boneka-boneka hewan yang lembut
Jaga agar mainan kesukaan si kecil yang enak dipeluk ini tetap segar dengan membersihkannya dengan baking soda. Taburkan baking soda pada boneka dan diamkan 15 menit sebelum menyikat bersih baking sodanya.

 

Lain-lain

37. Membersihkan semua kebutuhan berkemah
Baking soda harus ada untuk perjalanan berkemah anda. Baking soda dapat menjadi pencuci piring, penggosok kuali, pembersih tangan, penghilang bau, pasta gigi dan alat pemadam api dan masih banyak kegunaan lain lagi.

 

38. Pemadam api
Baking soda dapat membantu dalam penanganan awal kebakaran kecil didapur, karena jika baking soda dipanaskan, ia mengeluarkan karbondioksida, yang membantu memadamkan api. Untuk kebakaran yang kecil (wajan penggorengan, alat pemanggang, oven), matikan gas atau listrik jika anda bisa melakukannya dengan aman. Mundur dan lemparkan segenggam baking soda pada sisa kobaran api untuk membantu memadamkan api – dan hubungi pemadam kebakaran agar aman.

 

39. Perawatan untuk sistim septik
Secara teratur menggunakan baking soda pada saluran air anda dapat membantu menjaga sistim septik anda tetap mengalir dengan lancar. Satu cangkir baking soda setiap minggu akan membantu mempertahankan pH yang baik pada tangki septik anda.

 

40. Menggosok buah dan sayuran
Baking soda adalah cara yang aman untuk membersihkan kotoran dan residu dari buah-buahan dan sayuran segar. Cukup taburkan baking soda pada spons basah yang bersih, gosok dan bilas.

Tentang cuci karpet padang

KAMI ADALAH PENYEDIA JASA CUCI KARPET DI KOTA PADANG. KAMI JUGA MENYEDIAKAN LAYANAN CUCI SOFA, KURSI KANTOR, KURSI MAKAN, SPRINGBED. UNTUK INFORMASI HUB:081374110787 (HUSNI)
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s